Saturday, May 23, 2009

I LOVE EBAY!!





Mau Nyari barang-barang yang seru yang limited edition??? EBAY tempatnya..hahahha i love this site! Setiap gue buka internet, site ini duluan yang pasti gue buka. Pertama kali kenalan dengan EBay sekitar yah 3 tahun lalu, saat gue naksir beberapa barang dan susah banget gue dapetin di Jakarta. Kalau ada pasti jatohnya lebih mahal... so, akhirnya gue berinisiatif untuk masuk ke ebay.com. Pertama sign in, gak sesusah yang dibayangin...sama lah seperti register site-site lainnya. Cuma aja kalo mau transaksi well... sebaiknya lo daftar dulu ke paypal.com. Kenapa?? karena dengan cara inilah transaksi kartu kredit lo bisa aman. Emang sih sedikit meribetkan elo pada awalnya,tapi setelah itu semua jadi gampang. Cara daftar paypal, lo tinggal register plus bayar $3 dan masukin no credit card lo ke situ, terus tinggal tunggu verifikasi dari bank kartu kredit lo (biasanya 3 hari, tapi kalo gak sabar telpon aja banknya dan tanya nomenr verifikasi paypal lo). Nah saat verifikasi inilah lo akan mendapatkan nomer, dan nomer ini yang dimasukin ke kode paypal lo...setelah itu lo bisa bertransaksi dengan aman dan tentram....

Barang apa aja yang udah gue beli dari ebay... well, u name it!!! hampir semuanya gue dapet di EBAY yah ada sih 30 barang... ehehheheheh ketahuan kan betapa shopoholicnya gue... tapi gak segitunya juga sih.. gue masih memperhatikan harga.. karena kalo gak harga shippingnya akan mencekek lo sendiri. rugi juga kan beli barang yang harga shipping lebih mahal dari barang yang lo beli??? gue kasih tips buat shopping via ebay...
  1. cek dulu kondisi barang yang di taksir, apakah baru, display atau second. Kalo emang second tanya ke sellernya kondisi barang tersebut. Apakah ada robek? noda?dll. Biasanya sih barang display lebih murah dan biasanya cuma satu barang. Gue pernah beli tas BIASIA display seharga 1,5 jt, tapi pas gue tanya ke counternya di PIM dengan model yang sama cuma beda warna aja harganya lumayan jauh.. mereka jual seharga 5 juta.. yippie... gue untung kan.
  2. Perhatikan Sellernya, liat track record mereka. Apa ada feedback negatif yang pernah dikasih pembelinya dan coba cari tau. Trus liat juga apa mereka mau shipping ke negara kita, biasanya ada tanda worldwide untuk kirim ke luar negara mereka. Perhatikan juga harga shipping yang mereka tawarkan, jangan sampe harga shipping lebih mahal dari harga barang. huhuhuhu rugi banget tuh. Gak ada salahnya tanya ke sellernya mereka pake company shipment apa?? usahakan jangan pake UPS atau FEDEX karena harganya jauh banget. Minta pake localpost biasanya lebih murah.
  3. Komunikasi itu penting banget. Tanya aja tentang segala hal mengenai barang yang bakal kita beli, mereka pasti dengan baik membalasnya. Gak ada salahnya juga minta harga discount..ehhhehehe.. kadang-kadang di kasih kok.
  4. Harus tau barang!!!! jangan mau dikasih barang palsu atau rusak. Kalo emang dapet barang yang kayak gitu jangan takut buat COMPLAIN!!! itu yang pernah gue lakuin saat beli Tas ANYA. Untung sebelum beli tas ini, gue sempet beli dulu yang asli dari UK. Nah setelah itu gue mau beli yang dari HK ternyata mereka ngasih barang alsu. dan gue langsung Complain sambil sedikit ngancem buat ngasih mereka negative feedback. Untungnya sih mereka takut yah.. terus duit gue dipulangin dan tas jadi milik gue hehehehe jadi bisa gue jual aja.
  5. BArang bidding biasanya jauh lebih murah dibanding dengan yang BUY IT NOW!..tapi syaratnya lo harus sabar dan sering memantau barang biddingan elo. Kalo gak bisa melayang. Gue pernah dan sering dapet barang jam seharga $o,99. hahahahah jadi cuma bayar shipping costnya. Tapi harus yakin lo mau beli beneran tuh barang. Karena kalo dah menang trus lo gak bayar, well.. lo justru yang bakal dapet NEGATIF feedback dari mereka dan endingnya lo jadi dicurigai dan ditolak untuk melakukan transaksi via ebay.
  6. Dan yang terakhir setelah beli jangan lupa buat kasih mereka feedback. Gue sih biasanya kasihfeedback setelah barang datang... ya buat rasa terima kasih kita juga. melalui feedback inilah bisa ketahuan orang puas atau gak sama seller dan buyer.. semakin banyak orang yang ngasih feedback positif berarti reputasi seller/buyer itu makin baik.
So, what are you waiting for?? Search anything you want on EBay!!... ehhehe cuma hati-hati bisa bikin lo addictive kayak gue....hahahahaha...

No comments:

Post a Comment